Tanaman Hias untuk Taman Minimalis

Tanaman Hias untuk Taman Minimalis


Tanaman hias yaitu tanaman yang mencakup semua tumbuhan, baik berbentuk merambat, semak, perdu, ataupun pohon, yang mana tanaman tersebut sengaja ditanam oleh kita sebagai komponen taman, kebun rumah, penghias ruangan, dalam acara/event, komponen riasan dan busana, atau sebagai komponen karangan bunga. Bunga potong pun dapat dimasukkan sebagai tanaman hias. Sedangkan berdasarkan bidang pertanian, tanaman hias adalah salah satu dari pengelompokan berdasarkan fungsi dari tanaman hortikultura. Adapun bagian yang dimanfaatkan tidak semata karena bunganya, tetapi kesan keindahan yang dimunculkan oleh tanaman ini. Selain bunga (warna dan aroma), daun, buah, bahkan batang dapat menjadi komponen yang dimanfaatkan. Sebagai contoh, beberapa batang tumbuhan yang mengeluarkan aroma segar dapat diletakkan di ruangan untuk mengharumkan ruangan dan menjadikannya sebagai tanaman hias.
Tanaman hias untuk taman minimalis
Jenis Tanaman Hias
Tanaman yang memiliki bentuk unik dan khas yang berfungsi sebagai dekorasi ataupun hiasan baik dalam ruangan maupun luar ruangan merupakan tanaman hias. Meskipun, dahulu tanaman hias hanya merupakan tanaman yang berbunga saja, namun seiring perkembangan zaman tanaman hias didefinisikan sebagai tanaman yang memiliki nilai indah baik daun, bunga, batang, buah, ranting, aroma maupun akar yang bernilai artistik atau seni. 

Perkembangan tanaman hias semakin meningkat seiring pembangunan perumahan yang kian terus bertumbuh. Tidak hanya menjadi populer saja, tanaman hias juga telah merambat ke bidang arsitektur. Kini para desainer rumah telah banyak menempatkan taman sebagai nilai asri sebuah rumah, bahkan pola penempatan tanaman itu sendiri tidak sembarangan sehingga memiliki nilai seni yang tinggi. Setiap rumah selalu di lengkapi dengan desain taman minimalis.

Dalam desain taman, bentuk dan penempatan tanaman hias menjadi pertimbangan yang penting. Isu lainnya yang penting dalam tanaman hias adalah habitat alami yang disukai tumbuhan tersebut serta bentuk tajuk yang dimilikinya. Dalam pengertian ini, tanaman hias dapat mencakup pula tanaman tepi jalan serta tanaman penaung (di ruang terbuka). Karena tanaman hias dikelompokkan berdasarkan fungsinya, tidak menutup kemungkinan bahwa suatu tanaman sayuran, tanaman obat, atau tanaman buah menjadi tanaman hias, atau sebaliknya.


Title: Tanaman Hias untuk Taman Minimalis; Written by admin; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar